Penghargaan Habibie Prize merupakan apresiasi yang dipersembahkan BRIN dan Yayasan Sumberdaya Manusia Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM IPTEK) sebagai wujud apresiasi kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam kehidupan intelektual dan karya luar biasanya yang telah disumbangkan bagi Indonesia. Nama “Habibie” digunakan untuk mengenang jasa Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie dan sekaligus Pencetus Anugerah Habibie Award (saat ini Habibie Prize), Presiden Republik Indonesia yang ketiga, Menteri Riset dan Teknologi sejak tahun 1978-1998, dan dikenal luas sebagai intelektual internasional dalam bidang teknologi, atas pemikiran, komitmen dan dedikasi besar beliau dalam upaya memajukan kehidupan IPTEK di Indonesia.

Habibie Prizes adalah penghargaan perseorangan yang aktif dan sangat berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan berbagai kegiatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang baru (innovative) serta bermanfaat secara berarti (significant) bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian. Habibie Prizes diberikan dalam bentuk:

 1. Medali;

 2. Piagam

 3. Uang Tunai senilai US$ 25,000 (pajak ditanggung pemenang).

Penghargaan yang diberikan meliputi 5 (lima) bidang IPTEK dan inovasi, yaitu :

1.   Ilmu Pengetahuan Dasar

2.   Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi

3.   Ilmu Rekayasa

4.   Ilmu Ekonomi, Sosial, Politik, dan Hukum

5.   Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan

Persyaratan penerima penghargaan adalah sebagai berikut :

  1. Perseorangan, WNI aktif dan berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan berbagai kegiatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang baru (innovative) serta bermanfaat secara berarti (significant) bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian.
  2. Pengusulan atau nominasi dilakukan oleh Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), lembaga ilmu pengetahuan atau lembaga riset dan inovasi, organisasi profesi, cendekiawan, Kamar Dagang dan Industri, Industri, BUMN, dan Perwakilan/Kedutaan Besar RI di luar negeri atau perseorangan.

Info lengkap panduan dan pengusulan secara online melalui laman sistem informasi https://apresiasitalenta.brin.go.id/. Pengusulan dapat dilakukan paling lambat tanggal 1 Agustus 2022

Sekretariat :
Badan Riset dan Inovasi Nasional
Deputi Sumber Daya Manusia IPTEK BRIN
up. Direktorat Manajemen Talenta BRIN
Gd. B.J. Habibie, Lt. 11, Jl. M.H. Thamrin No.8 Jakarta Pusat, 10340
Contact Person : Citra A – HP. 081213620414
Email :  apresiasi@brin.go.id

Yayasan SDM Iptek
Jl. Kemang Selatan No. 98, Jakarta Selatan 12560
Telp : 021-7817211 Fax: 021-7817212
Email : sdmiptek@habibiecenter.or.id
habibiecenter.or.id

Sebarkan