SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 152/SP/HM/BKPUK/X/2021

Jakarta – Sebagai tindak lanjut atas Pasal 71 Peraturan Presiden RI Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) maka perlu dilaksanakan pengalihan pegawai dari Kemenristek/BRIN, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Kepala BRIN Laksana Tri Handoko telah mengusulkan pengalihan pegawai di lingkungan BRIN kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui surat per tanggal 20 September 2021 dengan penetapan usulan terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2021.

“Atas bantuan dan kerjasama dari Kepala Badan Kepegawaian Negara dan Tim kami telah menerima Surat Keputusan Pengalihan Pengawai ke dalam BRIN dengan total yang ditetapkan sejumlah 11.418 orang pegawai dengan penetapan terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2021. Pegawai yang telah dialihkan tersebut terdiri dari SDM Iptek dan SDM Pendukung Iptek,” jelas Kepala BRIN, Selasa (05/10).

Kepala BRIN mengungkapkan bahwa pengalihan pegawai ini dibagi dalam dua tahap, Tahap I saat ini dimulai dengan mengalihkan pegawai dari Kemenristek/BRIN, BPPT, BATAN, LIPI dan LAPAN menjadi ASN BRIN. Kemudian dilanjutkan Tahap II, yaitu pengalihan Peneliti dan SDM Pendukung lainnya dari Kementerian/Lembaga dengan dasar Pasal 65 Peraturan Presiden RI Nomor 78 Tahun 2021 yang akan diusulkan pengalihannya menjadi Peneliti dan SDM Pendukung lainnya ke dalam BRIN dengan target penetapan pengalihan tanggal 1 Januari 2022.

Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana yang urut hadir dalam kesempatan ini, menambahkan bahwa pada Tahap II nanti adalah pengalihan pegawai dengan jabatan Peneliti dari unit penelitian dan pengembangan pada 44 (empat puluh empat) instansi Kementerian /Lembaga. “Dengan telah ditetapkannya Surat Kepustusan Kepala BKN tentang Pengalihan Pegawai di Lingkungan BRIN, maka mulai 1 Oktober 2021 status pegawai pada 5 (Kemenristek/BRIN, BPPT, BATAN, LIPI, LAPAN) lembaga tersebut telah menjadi pegawai BRIN,” ujar Kepala BKN.

Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan
Badan Riset dan Inovasi Nasional