SIARAN PERS
BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 67/SP/HM/BKKP/VI/2021

Serpong –Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko melakukan peninjauan beberapa fasilitas yang ada di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang Selatan, Senin (31/06). Agenda ini merupakan kunjungan pertama Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN sejak dilantik oleh Presiden pada 28 April lalu.

Tujuan pertama Kepala BRIN meninjau Technology Business Incubation Center (TBIC) Puspiptek, yang merupakan salah satu fasilitas yang diperuntukan untuk menumbuhkembangkan wirausaha baru (perusahaan pemula) berbasis teknologi. BRIN terus berkomitmen memberi dukungan kepada calon wirausaha dengan memberikan fasilitas inkubasi atau pembinaan bisnis, akses menggunakan laboratorium, dan upaya dukungan atau afirmasi dalam pemenuhan standarisasi produk sebelum dipasarkan.

Lokasi berikutnya yang dikunjungi yaitu Gedung Indonesia Life Sciences Center (ILSC) atau Pusat Riset Vaksin dan Produk Biologi. Kepala BRIN berkesempatan meninjau fasilitas yang ada, untuk memastikan kesiapan, standarisasi yang ada guna mendukung segala kegiatan agar dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Gedung Arsip BRIN menjadi lokasi berikutnya yang dikunjungi, Kepala BRIN meninjau fasilitas ini guna memastikan segala dokumen dan berkas yang tersimpan dapat terarsip dengan baik. Mengingat Gedung Arsip ini juga menjadi tempat penyimpanan dokumen yang berasal organisasi sebelum BRIN terbentuk, yaitu Kemenristekdikti dan Kemenristek/BRIN, sehingga tertib administrasi pengarsipan dokumen menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Setelahnya Handoko mengunjungi Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BRIN dan Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek. Kunjungan ke Pusdiklat BRIN ini Kepala BRIN meninjau kesiapan fasilitas Pusdiklat dalam memberikan pelayanan terkait segala bentuk diklat yang diberikan kepada pengunjung dan peserta diklat. Kepala BRIN dalam beberapa kesempatan sebelumnya menyampaikan bahwa pengembangan kapasitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di internal BRIN menjadi salah satu peran penting mendukung riset dan inovasi, oleh karena itu kesiapan Pusdiklat BRIN menjadi hal yang penting dan utama.

Turut hadir mendampingi Kepala BRIN pada agenda ini, Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito, Kepala Puspiptek Sri Setiawati, dan Kepala Pusdiklat BRIN Wisnu Sardjono Soenarso.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Badan Riset dan Inovasi Nasional