Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) meraih SNI Award 2021 peringkat Perunggu untuk kategori Organisasi Besar Jasa. SNI Award merupakan sebuah penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia bagi organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten, berkinerja tinggi, memiliki kemampuan mengelola dinamisasi perubahan dan melakukan transformasi yang diperlukan secara tepat.

Pemberiaan penghargaan SNI Award 2021 dilaksanakan di Jakarta, Kamis (18/11). Penghargaan ini diberikan kepada 98 organisasi dan perusahaan yang terdiri dari peringkat Platinum, Emas, Perak, dan Perunggu serta Early Improvement yang meliputi 12 kategori yaitu Kategori Organisasi Kecil Jasa, Organisasi Menengah Jasa, Organisasi Besar Jasa, Organisasi Kecil Barang, Organisasi Menengah Barang Sektor Agro, Organisasi Menengah Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Organisasi Menengah Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan, Organisasi Besar Barang Sektor Agro, Organisasi Besar Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Organisasi Besar Barang Sektor Kimia, Farmasi, Tekstil dan Pertambangan, Organisasi Pendidikan Tinggi, serta Organisasi Pendidikan Menengah.

Kepala ORTN, Agus Sumaryanto mengapresiasi atas capaian yang diperoleh oleh ORTN dalam menerapkan SNI secara konsisten. “Kita perlu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada ORTN khususnya Pusat Riset Standar dan Mutu Nuklir (PRSMN) dan mereka yang terlibat dalam unit atau tim jaminan mutu, dan capaian ini bukan merupakan capaian individu melainkan capaian organisasi dalam hal ini ORTN,” kata Agus.

Sebagai organisasi riset yang berkecimpung dalam fasilitas nuklir, Agus menuturkan, upaya untuk menjaga kualitasnya, pihaknya akan selalu selalu meningkatkan kualitas fasilitas nuklir yang dimiliki melalui revitalisasi, upgrading, dan rencana pengadaan baru fasilitas nuklir. “Yang terpenting adalah peningkatan kapasitas SDM yang ada di ORTN, karena dengan meningkatnya fasilitas nuklir yang kita miliki dan peningkatan kapasitas SDM dari SDM yang ada di ORTN tentunya ini akan meningkatkan layanan kepada masyarakat baik para peneliti, industri dan seluruh stakeholder fasilitas nuklir baik nasional maupun internasional,” tambahnya.

Agus berkomitmen, pihaknya akan terus menambah jumlah produk yang bersertifikasi SNI. Tantangan ke depan, SNI tidak hanya untuk produk terkait ketenaganukliran saja melainkan akan mewarnai seluruh produk yang ada di BRIN.

Lebih rinci Agus menegaskan, terkait pelaksanaan standardisasi dan mutu nuklir, PRSMN selain melakukan akreditasi terhadap fasilitas nuklir yang ada di internal ORTN juga memberikan akreditasi terhadap personil baik internal maupun eksternal. Harapannya, dengan meningkatnya kualitas fasilitas nuklir dan kapasitas SDM nuklir di ORTN maka kualitas layanan terhadap pemanfaatan teknologi nuklir kepada masyarakat juga mengalami peningkatan. (Pur)