SIARAN PERS

BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL

NO: 198/SP/HM/BKPUK/XI/2021

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai lembaga penelitian yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 mempunyai tugas melakukan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. Sebagai bentuk tanggungjawab kepada publik, BRIN akan menggelar Webinar BRIN Akhir Tahun pada 15 Desember 2021, dengan tema ‘Membangun Digital, Blue, dan Green Economy melalui Riset dan Inovasi’.

Jakarta, 15 Desember 2021. Sebagai lembaga penelitian yang terintegrasi, saat ini BRIN telah menyatukan 4 entitas lembaga dan 1 kementerian yakni LIPI, BATAN, BPPT, LAPAN, dan Kemenristek/ BRIN. “Untuk itulah peta jalan BRIN memiliki arah untuk sinergi dan kolaborasi dalam kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta investasi dan inovasi yang dilaksanakan oleh berbagai pelaksana secara terintegrasi,” ungkap Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko.

Di masa transisi ini, Handoko menjelaskan, menuntut para periset di lingkungan BRIN untuk menghasilkan produk riset dan inovasi yang menunjukan keunggulan riset dan inovasi iptek. “Selain itu, BRIN terus berupaya untuk dapat menunjukan kepada publik bahwa induk riset nasional ini siap menjadi inovasi, yang diharapkan dapat melahirkan kebijakan riset berbasis pembangunan berkelanjutan,” tuturnya.Membangun digital, blue, dan green economy melalui riset dan inovasi sebagai narasi kunci semangat BRIN dalam mewujudkan cita-cita nasional,” tambahnya.

Untuk mempercepat proses hilirisasi hasil riset dan inovasi kepada masyarakat, Handoko menerangkan, BRIN melengkapi berbagai fasilitas risetnya. Tahun 2022, BRIN akan membangun sejumlah fasilitas riset yang berlokasi di Cibinong, di antaranya berupa fasilitas laboratorium animal biosafety level-3 dan laboratorium C-GMP produksi vaksin.

Di Lampung, BRIN akan membangun Fasilitas Laboratorium Pengolahan Mineral Lokal Strategis Berbasis Teknologi Low-Cost dan Zero Waste dan Gedung Inkubasi dan Laboratorium Integrasi Layanan Data dan Informasi Penginderaan Jauh. Sedangkan di Biak, BRIN akan membangun Fasilitas Stasiun Bumi Pengendali dan Penerima Data Satelit.

Selain itu, lanjut Handoko, pemanfaatan riset dan inovasi di masyarakat terus ditingkatkan dengan penguatan kerja sama pemanfaatan riset dan inovasi dengan industri. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi antara penghasil riset dan inovasi dengan para pengguna. Handoko mengatakan, sebagai lembaga penelitian yang terintegrasi, BRIN memiliki berbagai skema peningkatan kompetensi SDM maupun pemanfaatan infrastruktur yang ada. “BRIN terus melakukan peningkatan SDM kualifikasi pendidikan S2 dan S3, pengembangan kompetensi SDM riset dan inovasi, dan pembinaan fungsional dan profesi SDM riset dan inovasi,” pungkasnya.

Keterangan lebih lanjut:

Dyah R. Sugiyanto (Koord. Komunikasi Publik BRIN)

Purnomo (PIC Hubungan Media BRIN)

Undangan

Siaran Pers ini sekaligus undangan rekan media untuk hadir dalam Webinar BRIN Akhir Tahun dan Penganugerahan Jurnalis dan Media BRIN 2021 pada Rabu, 15 Desember 2021 pukul 09.00 WIB s.d selesai melalui link zoom https://zoom.us/j/99815251234?pwd=MGt0aXg1Ujdwa3dET2dHUUNlVE1EZz09, Meeting ID: 998 1525 1234, Passcode: 556433 atau melalui Youtube BRIN Indonesia https://youtu.be/VhTQaxr92vY